TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE WEBSITE KAMI. BAGI ANDA YANG INGIN MEMPROMOSIKAN USAHA/PRODUK SILAKAN HUBUNGI CONTACT PERSON KAMI.WISATA-LAMANDAU AKAN SENANTIASA MENGUPDATE INFORMASI WISATA YANG ADA DI KAB.LAMANDAU

Kamis, 28 Juli 2016

WISATA SENI DAN BUDAYA KAB.LAMANDAU (BAYU : 085249069635)

FESTIFAL BABUKUNG : Ritual Kematian Suku Dayak Babukung adalah merupakan salah satu adat dan tradisi yang ada di kabupaten Lamandau. Tradisi ini dilaksanakan khususnya pada saat warga yang beragama kaharingan meninggal dunia,



untuk memeberikan sumbangan dan menghibur keluarga yang berduka,tetangga dan warga desa menari dengan menggunakan kostum berupa topeng/luha yang merupai berbagai macam bentuk seperti binatang dan sebagainya.untuk melestarikan tradisi ini maka pemerintah Kabupaten Lamandau mengadakan Festifal Babukung pada bulan oktober setiap Tahun.

BEBANTAN LAMAN : Ritual Bersih Kampung Ritual tahunan suku Dayak tomun dilaksanakan setiap tanggal 7 bulan juli setiap Tahunnya,Tradisi ini merupakan ritual bersih kampung dan benda-benda pusaka yang dipimpin oleh pemuka adat yang disebut mantir bebatan.pada saat ini masih dilaksanakan di beberapa tempat diKabupaten Lamandau terutama di kecamatan Delang.
MAKAN ADAT : Budaya makan adat dengan duduk lesehan atau bersila diatas lantai secara berkelompok berdasarkan jenis kelamin dan usia.
RUMAH ADAT BETANG : Terletak dikelurahan Kudangan kurang lebih 120 km sebelah barat kota nanga bulik ibu kota Kabupaten Lamandau.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code