TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE WEBSITE KAMI. BAGI ANDA YANG INGIN MEMPROMOSIKAN USAHA/PRODUK SILAKAN HUBUNGI CONTACT PERSON KAMI.WISATA-LAMANDAU AKAN SENANTIASA MENGUPDATE INFORMASI WISATA YANG ADA DI KAB.LAMANDAU

Selasa, 02 April 2019

Bumi Ku Surgaku - Merawat dan Menjaga

BUMIKU SURGAKU | MERAWAT,MENJAGA,MELESTARIKAN ALAM HUTAN UNTUK KELESTARIAN KEHIDUPAN MANUSIA
Bumi yang kita huni ini adalah tempat dimana kita hidup, bertempat tinggal, beraktivitas, dan menjalankan fase-fase kehidupan kita mulai dari lahir hingga mati nanti tentunya. Bumi ini adalah sebuah anugerah dari sang Pencipta yang luar biasa yang dihadiahkan untuk kita manusia.  




Kita tidak perlu lagi repot-repot membuat dan merancang tempat kehidupan kita. Kalaupun kita disuruh membuat dan merancangnya pasti kita tidak akan sanggup membuatnya. sebelum kita lahir bumi ini telah ada dan tersedia untuk kita, kita hanya tinggal menempatinya saja dan menikmati segala fasilitas yang ada di dalamnya dari mulai fasilitas airnya yang sangat kita butuhkan untuk minuman,tumbuh-tumbuhan sebagai penghasil oksigen, udara yang kita butuhkan untuk pernafasan,dan juga tanaman serta buah-buahan dengan berbagai macam rupa,warna dan rasa sebagai sumber makanan kita, disamping itu ada juga tumbuhan yang dapat digunakan sebagai sumber obat-obatan.

Masih ditambah lagi dengan berbagai macam bahan tambang yang tersebar di daratan, di lautan maupun di bawah permukaan bumi, yang bermanfaat bagi keperluan pembuatan alat-alat bantu kehidupan manusia. Dan masih banyak lagi fasilitas yang tersedia yang tidak dapat disebutkan satu persatu. 

Sebagai manusia yang beradab tentunya,jika kita diberikan sesuatu oleh seseorang tentu kita wajib berterimakasih kepada orang yang memberi,apalagi jika pemberiannya itu gratis.Kita manusia, telah diberikan oleh sang Pencipta,bumi ini secara gratis maka kitapun wajib untuk berterima kasih kepada-Nya caranya adalah disamping dengan beribadah kepada-Nya juga dengan cara menjaga,merawat dan melestarikan bumi ini.

Kita diperbolehkan untuk mengolah dan mengeksplorasi bumi ini untuk sebesar-besarnya kepentingan manusia,namun tentunya dalam mengolah dan mengeksplorasi bumi tidak boleh dengan cara berlebihan.Manusia dalam mengolah bumi haruslah dengan cara seimbang.Sebab jika berlebih-lebihan, bukan kemakmuran yang diperoleh namun kerusakanlah yang akan terjadi.Sebagai contoh jika kita menebang hutan untuk memanfaatkan kayunya tetapi dengan cara penebangan membabi buta,semua hutan digunduli serta tidak memperhatikan kelestariannya,maka akan terjadi kegersangan,udara menjadi kotor,ekosistem akan terganggu,lahan menjadi gundul sehingga ketika hujan tiba, air hujan yang jatuh ke dalam tanah ataupun yang mengalir di permukaan tidak ada yang menahannya karena pepohonan yang tadinya berfungsi sebagai penahan dan penyimpan air,sudah habis tidak ada lagi karana telah ditebang, akibatnya terjadilah bencana banjir dan tanah longsor.Dan yang rugi tentunya adalah kita sendiri. 

Agar hal tersebut di atas tidak terjadi maka dalam pemanfaatan hutan juga harus memperhatikan kelestarian alam dan lingkungannya agar tidak merusak alam dan lingkungan itu sendiri.Salah satu caranya yaitu dikenal dengan istilah tebang pilih,kita pilih mana saja lahan hutan atau pohon yang benar-benar layak untuk ditebang,dan apabila pohon tersebut ditebang nantinya tidak akan menyebabkan kerusakan alam dan lingkungan.Kemudian cara selanjutnya yaitu dengan penanaman kembali atau dikenal dengan istilah reboisasi,lahan hutan yang telah ditebang segera ditanami pepohonan kembali agar kelestariannya tetap terjaga. 

Nah itulah salah satu contoh saja,cara bagaimana melestarikan bumi kita agar menjadi tempat tinggal yang nyaman dan lestari.Masih banyak contoh-contoh yang lain,intinya kita dalam memanfaatkan fasilitas yang ada di bumi ini harus dengan cara seimbang,sebab Tuhan telah menciptakan segala sesuatu secara seimbang,bila kita menyimpang dari hal tersebut maka akan terjadi kerusakan yang tentunya tidak kita harapkan.Maka sayangilah bumi tempat kita bertinggal,jagalah kelestarian alamnya sebagai tanda kesyukuran kita yang nantinya akibat baiknyapun juga kembali lagi kepada kita manusia…

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code