TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE WEBSITE KAMI. BAGI ANDA YANG INGIN MEMPROMOSIKAN USAHA/PRODUK SILAKAN HUBUNGI CONTACT PERSON KAMI.WISATA-LAMANDAU AKAN SENANTIASA MENGUPDATE INFORMASI WISATA YANG ADA DI KAB.LAMANDAU

Selasa, 16 April 2019

Festival Babukung 4

Festival Babukung ini merupakan kearifan budaya lokal yang dimiliki budaya Dayak Tomun. Yakni, sejenis tarian ritual adat kematian Suku Dayak Tomun di Lamandau. Nah, dalam Tarian ini menggunakan topeng dengan karakter hewan tertentu yang disebut Luha, sedangkan para penari disebut Bukung.


Babukung sebenarnya bentuk tarian menggunakan topeng, yang mana dilakukan kalau ada kerabat yang meninggal dunia. Para penari selain dari keluarga yang meninggal, juga datang dari kerabat desa tetangga. Bukung-bukung ini datang dari desa tetangga atau kelompok masyarakat dengan tujuan menghibur keluarga duka sembari menyerahkan bantuan.  Ya, Para penari itu datang juga membawa barang bawaan untuk bantuan kepada keluarga berduka, bantuan untuk meringankan beban ekonomi keluarga yang ditinggalkan. Ini menjaga ikatan kekeluargaan, terkandung nilai kegotong-royongan.


Luha atau topeng


Jadi, Karena keunikan dan keeksotisan Babukung, Pemerintah Kabupaten Lamandau mengangkatnya menjadi salah satu agenda rutin festival budaya. Seperti yang sudah saya tuliskan diawal, hasilnya ternyata cukup menggembirakan, perhatian dari masyarakat dan turis baik lokal maupun mancanegara sangat antusias. 

Festival tahunan yang digelar di Nanga Bulik, ibu kota Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah. Festival ini pertama kali digelar pada tahun 2014 dan, Tahun ini, 2018 ke empat dan dipusatkan di Stadion Hinang Golloa.

Data waktu pelaksanaan Festival babukung, sebagai berikut:
  • Festival Babukung I: 25–26 September 2014
  • Festival Babukung II: 10–12 Oktober 2015
  • Festival Babukung III: 28–30 Oktober 2016
  • Festival Babukung IV: 17–19 Juli 2018
Tak hanya menyedot animo masyarakat Lamandau, namun juga wisatawan dari luar daerah dan luar negeri.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code