TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE WEBSITE KAMI. BAGI ANDA YANG INGIN MEMPROMOSIKAN USAHA/PRODUK SILAKAN HUBUNGI CONTACT PERSON KAMI.WISATA-LAMANDAU AKAN SENANTIASA MENGUPDATE INFORMASI WISATA YANG ADA DI KAB.LAMANDAU

Senin, 20 Mei 2019

Rusa Sambar - Khas Lamandau

NANGA BULIK – Rusa merupakan binatang endemik kalimantan dan telah ditetapkan sebagai ikon kota Nanga Bulik, Lamandau. Selain itu, rusa juga merupakan salah satu hewan yang dilindungi pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lamandau berkomitmen melakukan penangkaran dan melindungi Rusa jenis Sambar (Cervus Unicolor). Penangkaran dibebankan kepada Dinas Pertanian dan Perikanan Lamandau.



Penangkaran Rusa yang terletak dibelakang kantor Bupati Lamandau sudah dimulai sejak 2015. Dari awalnya hanya 11 ekor, kini jumlahnya telah meningkat menjadi 24 ekor. Pemda telah mengalokasikan lahan seluas 17 hektar sebagai area penangkaran. 

Kordinator Penangkaran Rusa, dinas pertanian dan perikanan Lamandau, Drh Tirto Leksono, mengatakan pihaknya berfokus untuk menangkar dan melindungi rusa, sebagai hewan yang dilindungi.
“Intinya, kami fokus untuk menangkar dan melindungi. Dan tugas kami adalah menjaga rusa agar tetap sehat dan berkembang biak” ucapnya.

Dalam pelaksanaan penangkaran, pihaknya terus berkordinasi dengan pihak BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Lamandau. “Kami  terus melaporkan kondisi mengenai rusa yang berada di penangkaran kepada pihak BKSDA,” ucapnya.

Tirto menyatakan area penangkaran terbuka untuk umum, namun kondisi penangkaran sekarang masih dalam tahap penyempurnaan. “Warga silahkan datang berkunjung,”

Untuk menjaga rusa agar tetap sehat, pihaknya memanfaatkan limbah sawit sebagai konsentrat yang dicampur rumput sebagai pakan. “untuk pakan, kami juga memberi konsentrat yang merupakan percampuran dari solid, bukil inti sawit, mineral, mikroba utk fermentasi konsentrat, dan kemudian dicampur dengan rumput,” pungkasnya. (*/cho)

Artikel ini telah terbit di Media Kalteng Pos, Rubrik Halaman Pemkab Lamandau edisi 18/12/2018

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code