TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE WEBSITE KAMI. BAGI ANDA YANG INGIN MEMPROMOSIKAN USAHA/PRODUK SILAKAN HUBUNGI CONTACT PERSON KAMI.WISATA-LAMANDAU AKAN SENANTIASA MENGUPDATE INFORMASI WISATA YANG ADA DI KAB.LAMANDAU

Rabu, 19 Juni 2019

Babukung Akan Digelar Tahun Ini

Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana mengatakan festival babukung yang akan digelar pada tahun ini oleh pemerintah Kabupaten Lamandau dan masuk kedalam kalender even nasional.

"Ada dua even nasional, satunya milik provinsi, festival isen mulang dan satunya milik lamandau, yakni festival babukung," ujar Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, belum lama ini.
Namun, akan dibarengkan dengan agenda lain yakni moto trail. Karena, ditegaskan Bupati, pihaknya ingin ada dampak positif terhadap Lamandau. "Rencanya itu bukan hanya acara ceremonialnya saja tetapi bagaimana ada impact dan dampak positifnya terhadap daerah," terangnya.

Konsep yang diangkat yakni spending money of tourism. Yakni, orang datang berkunjung membelanjakan uangnya di Lamandau. "Orang datang banyak kemudian stay beberapa hari di lamandau dan kemudian membelanjakan uangnya. Seperti yang saya sampaikan adalah spending money of tourism itu yang kita inginkan. Jadi ada uang masuk dengan penyelenggaraan even - even tahunan," ungkapnya.

Ditambahkan Bupati, pihaknya menekankan pada outcome yang akan dicapai. "Jadi, konsepnya outcome apasih yang akan kita dapatkan dari penyelenggaraan - penyelenggaraan yang akan kita lakukan," tegasnya.

Pada tahun ini, pihannya akan merubah konsep agenda. Yakni, lebih menekankan pada menarik masa untuk berkunjung. Seperti moto trail, olahraga atau agenda berbasis hobi.

"Jadi itu, basis agenda yang akan kita lakukan, bukan lagi seperti festival babukung itu perlombaan antar desa, tetapi menjadi festival yang menarik masa dari luar daerah. Kita rubah konsepnya kemudian kita sandingkan dengan even even atau hobi salah satunya tadi motor trail, sudah konfirmasi ada beberapa bupati bahkan ingin hadir ke daerah kita," jelasnya.

Tujuanya, agar acara yang digelar semakin semarak dan berdampak pada kunjungan ke kabupaten Lamandau. "Jadi biar acaranya semarak, kita sandingkan dengan festival tersebut," pungkasnya.

Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana memastikan akan melaksanakan festival babukung ke V di tahun 2019 ini meski ditengah keterbatasan anggaran yang ada.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Lamandau, Frans Effendi menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Bupati Lamandau H Hendra Lesmana terhadap pelaksanaan festival Babukung ke V tahun 2019.


Sehingga, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait baik ditingkat provinsi dan pusat yakni pemerintah provinsi dan Kementerian Pariwisata. Hal tersebut dikarenakan pemprov melalui Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah meminta launching kegiatan festival babukung. Dan festival babukung sangat erat kaitanya dengan lamandau sehingga pelaksanaannya harus terselenggara dengan baik.

"Kegiatan ini sangat penting karena masyarakat luas sudah mengenal bahwa Babukung itu Lamandau dan Lamandau mereka kenal dengan Babukung," ujar Frans kemarin.

Pihaknya berharap dengan digelarnya Festival Babukung ke V tahun 2019 ini, kabupaten yang berjuluk Bumi Bahaum Bakuba dapat lebih dikenal luas baik di tingkat nasional maupun internasional.


Selain itu, lamandau menjadi tujuan wisata tidak hanya karena keindahan alam, akan tetapi juga melalui seni dan budaya. Sehingga berpengaruh pada peningkatan kunjungan turis, baik domestik maupun mancanegara.

Bahkan, even ini juga menjadi salah satu upaya dari pemerintah kabupaten lamandau untuk dapat melaksanakan cultural preservation atau pelestarian budaya, sehingga budaya yang ada tidak punah karena perkembangan zaman. Dalam hal ini yakni luha atau topeng.

" Sekaligus juga sebagai wahana untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal dari seni dan budaya sehingga wisatawan baik domestik maupun mancanegara banyak yang berkunjung ke Lamandau," demikian Frans.

Artikel ini telah terbit di SKH Kalteng Pos, Rubrik Pemkab Lamandau, 31/1/2019

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code