TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE WEBSITE KAMI. BAGI ANDA YANG INGIN MEMPROMOSIKAN USAHA/PRODUK SILAKAN HUBUNGI CONTACT PERSON KAMI.WISATA-LAMANDAU AKAN SENANTIASA MENGUPDATE INFORMASI WISATA YANG ADA DI KAB.LAMANDAU

Minggu, 16 Juni 2019

Hutan Kota Nanga Bulik Akan Direvitalisasi

Hutan Kota Nanga Bulik, Lamandau Akan Direvitalisasi,
Jadi Area wisata, edukasi dan diberi trek jogging

Hutan kota merupakan salah satu komponen ruang terbuka hijau dan mempunyai fungsi penting bagi siklus kehidupan seperti sistem hidrologi, menciptakan iklim mikro, menjaga keseimbangan oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2),serta meredam kebisingan.

Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana saat meninjau kondisi Hutan Kota Nanga Bulik, Kamis (13/6).


Menyikapi pentingnya keberadaan hutan kota, pemerintah kabupaten Lamandau akan merevitalisasi hutan Kota Nanga bulik yang terletak di Jalan Bukit hibul timur Kecamatan Bulik Kabupaten lamandau.

Hutan kota yang sempat terlantar akan diberi penataan fasilitas umum berupa jogging track. Sehingga, masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan hutan kota dan berinteraksi.

"Karena hutan kota itu berdiri di lahan milik pemerintah daerah, maka Pemkab Lamandau akan berinisiatif untuk melakukan revitalisasi. Karena ruang terbuka hijau sangat dibutuhkan oleh masyarakat, " ungkap Bupati,  H Hendra Lesmana saat meninjau langsung hutan kota tersebut bersama dengan Kepala dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), Ray Paskan, Kamis (13/6).

Hutan Kota Nanga Bulik berdiri sejak 2010 dengan adanya Keputusan Bupati Lamandau Nomor 100/70/ADPEM.2010, sedangkan kewenangan terhadap hutan kota berada di dinas DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan) kabupaten lamandau.

Hutan kota yang ada saat ini Tercatat memiliki luas lahan 1001,6 hektare yang terletak di kelurahan Nanga Bulik, desa kujan, desa bumi agung dan desa sumber Mulya kecamatan bulik.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Lamandau melalui Bidang Kehutanan, Maharudin  menjelaskan, keberadaan hutan kota sangat penting bagi masyarakat Lamandau.

"Selain memiliki fungsi menjaga iklim mikro, hutan kota juga mempunyai nilai estetika, menyerap air dan keanekaragaman hayati," ungkapnya.

Terpisah, Kadis PUPR Lamandau, Ray Paskan membenarkan bahwa pihaknya telah diminta bupati bersama DLHK untuk mendesain rencana penataan hutan kota sebagai ruang terbuka hijau yang cantik dan menarik.

Menurutnya Bupati lamandau menginginkan hutan kota Nanga bulik yang ada ditengah kota ini bisa menjadi area edukasi dan wisata baru bagi masyarakat
"Agar kedepannya hutan kota ini menjadi lebih indah dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code