TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE WEBSITE KAMI. BAGI ANDA YANG INGIN MEMPROMOSIKAN USAHA/PRODUK SILAKAN HUBUNGI CONTACT PERSON KAMI.WISATA-LAMANDAU AKAN SENANTIASA MENGUPDATE INFORMASI WISATA YANG ADA DI KAB.LAMANDAU

Senin, 30 September 2019

Rundown Acara Festival Babukung 2019

Kurang dua pekan lagi, Pemerintah Kabupaten Lamandau akan punya gawe besar, salah satu event yang masuk dalam 100 Calender of Event Wonderful 2019 Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, yakni Festival Babukung 2019 akan digelar pada  tanggal 11 - 13 Oktober mendatang.




Festival kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamandau ini telah memasuki tahun kelima penyelenggaraan, berbagai pencapaian penting telah diraih Pemkab Lamandau melalui kegiatan seni budaya tari babukung ini, diataranya tercatat pada Musium Rekor Indonesia (MURI) sebagai penampilan tari topeng terbanyak dengan 1000 penari pada tahun 2015 silam, dan untuk tahun ini Festival Babukung telah masuk dalam 100 Calender Of Event Wonderful 2019 Kementerian Pariwisata RI. Hanya dua event di Kalteng yang masuk dalam kalender Nasional tersebut yakni Festival Budaya Isen Mulang Palangkaraya dan Festival Babukung Kabupaten Lamandau.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau, Frans Evendi, melalui Kasi Tata kelola destinasi, Edmond Lamey Mambat mengatakan bahwa ada beberapa perubahan materi acara yang akan ditampilkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk Festival Babukung tahun ini ada beberapa tambahan acara, tentunya dengan tujuan agar lebih menarik dan variatif, sehingga pengunjung benar-benar mendapatkan kepuasan saat berkunjung ke Lamandau untuk menyaksikan Festival babukung ini," ungkap Edmond, Minggu (29/9).

"Kalau tahun sebelumnya tarian babukung diikuti oleh setiap desa yang ada di Lamandau, untuk tahun ini tidak, hanya diikuti perwakilan dari 8 Kecamatan saja, namun banyak tambahan acara menarik yang akan kami sajikan selama tiga hari tanggal 11 hingga 13 Oktober nanti," imbuhnya.

1. Karnaval Topeng

Menurut Edmond, salah satu acara yang layak untuk di saksikan adalah Karnaval topeng, rencananya acara ini akan diikuti oleh perwakilan dari 13 Kabupaten dan satu kota yang ada di Kalimantan Tengah.

"Kita tahu hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas seni topeng yang menjadi kekhasan daerahnya, untuk itu kita akan menampilkan keunikan topeng dari berbagai daerah se Kalteng dalam sebauh pertunjukan atau karnaval," bebernya.

2. Kabupaten Kota Lain Turut Ambil Bagian

Sementara itu, Kariadi, Kasubbag Perencanaan dan pengendalian program Dispar Lamandau, saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa seluruh Kabupaten/kota se- Kalteng telah dikirimi surat untuk dapat ambil bagian dalam karnaval topeng di Lamandau.

"Semua daerah di Kalteng telah kami surati dengan tanda tangan Sekda dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, hingga hari ini (Minggu 29/9), sudah 4 Kabupaten menyatakan kesediaannya, semoga nanti saat pelaksanaan semua Kabupaten/kota dapat bergabung," ungkapnya.

3. Lomba Topeng

"Konsepnya setiap kelompok membawa topeng masing-masing daerah dan akan diperlombakan, kami yakin karnaval ini akan menjadi salah satu acara yang menarik pengunjung yang hadir  menyaksikan Festival Babukung 2019 di Lamandau," tukasnya.

4. Ritual Adat dan Pertunjukkan Etnik Musik

Selain Karnaval topeng, berbagai acara dan kegiatan telah disiapkan panitia selama Festival Babukung 2019 ini, diantaranya acara pembukaan dengan ritual adat dan pertunjukan musik etnik pada tanggal 11 Oktober.

5. Workshop Tari Topeng dan Berbagai Lomba (Hari Kedua)

kemudian di hari kedua (12/9), ada kegiatan lomba mewarnai topeng, wokshop tari topeng, talkshow, meet and great, dan pagelaran tari topeng.

6. Haru Terakhir, ditutup dengan ritual adat panggolaran dan pertunjukkan seni musik

Sedangkan di hari terakhir ada acara ritual adat panggolaran, workshop ukir topeng dan acara penutupan atau pertunjukan musik.

1 komentar:

lovemachoco mengatakan...

numpang promote ya min ^^
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code