Advertisement

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE WEBSITE KAMI. BAGI ANDA YANG INGIN MEMPROMOSIKAN USAHA/PRODUK SILAKAN HUBUNGI CONTACT PERSON KAMI.WISATA-LAMANDAU AKAN SENANTIASA MENGUPDATE INFORMASI WISATA YANG ADA DI KAB.LAMANDAU

Selasa, 14 Januari 2020

Nge-Trail Sambil Menyandau Durian

Nge-Trail Sambil Menyandau Durian

Banyak cara untuk menghabiskan waktu diakhir pekan. Seperti Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, memanfaatkan libur akhir pekan, Sabtu (11/1) lalu, bersama dengan para pecinta olahraga motor Trail Lamandau. Dalam tournya, rombongan mendatangi sejumlah lokasi kebun durian yang ada di kelurahan Tapin Bini, kecamatan Lamandau, kabupaten Lamandau, Kalteng.


Selain menikmati pemandangan alam dan juga berolahraga, Bupati dan rombongam menyempatkan diri mencicipi durian lokal yakni durian otak udang.
~~~~

Di Lamandau, Selain tanaman jengkol, buah durian, seperti durian menjadi salah satu potensi unggulan untuk agriculture. Buah durian berjenis otak udang terkenal memiliki citarasa yang tinggi. Penggemar durian saat ini bisa menikmati durian lokal ini, karena musim durian mulai tiba.

Selain bisa menikmati durian yang masak di pohon, pengunjung juga bisa sekaligus merasakan sensasi berpetualang dengan motor trail di alam hutan hujan tropis yang berada di kecamatan lamandau kabupaten Lamandau Kalimantan tengah.

Untuk kalian pecinta moto lovers, dengan kondisi geografis yang cenderung berbukit, tak hanya cocok untuk budidaya tanaman jengkol, Kabupaten Lamandau juga sangat cocok untuk pembudidayaan berbagai jenis buah-buahan lho, seperti halnya buah durian.


~~~

Menyandau durian (panen) merupakan salah satu tradisi yang dijalankan saat musim durian. Masyarakat Lamandau pun tetap melestarikanya hingga saat ini.

Tak ketinggalan, Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana turut menyandau durian di Bukit Dahas Bulau, kelurahan Tapin Bini, kecamatan Lamandau, Sabtu (11/1).

Asyik, orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba didampingi Kepala Dinas BKD, Kabag Protokol dan Komunikasi Publik Setda Lamandau, Camat Lamandau, beserta rombongan lainnya, juga melaksanakan olahraga motor trail saat menuju lokasi menyandau durian.

“Sekarang lagi panen durian otak udang yang merupakan durian favorit di Tapin Bini. Durian ini nantinya akan dijual di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau atau di kabupaten tetangga,” kata Bupati Lamandau saat menyandau durian.


~~~

Meski durian otak udang merupakan jenis durian lokal, akan tetapi jika dilihat dari potensi yang ada, Tapin Bini bisa dikatakan menjadi salah satu kelurahan penghasil durian super di Kabupaten Lamandau.

Lurah Tapin Bini, Indra Yudi mengatakan, meski baru dilakukan secara tradisional, saat ini budidaya durian otak udang semakin diminati masyarakat.

Dirinya menambahkan Ada banyak jenis buah durian di sini, mulai dari durian kusi, durian santa, durian liyauan, durian sadawak, durian otak udang sampai durian mahawa. Namun yang paling bagus, adalah durian Otak udang, karena aromanya harum, dagingnya tebal dan tentunya manis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code