Advertisement

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE WEBSITE KAMI. BAGI ANDA YANG INGIN MEMPROMOSIKAN USAHA/PRODUK SILAKAN HUBUNGI CONTACT PERSON KAMI.WISATA-LAMANDAU AKAN SENANTIASA MENGUPDATE INFORMASI WISATA YANG ADA DI KAB.LAMANDAU

Minggu, 11 Oktober 2020

Cagar Alam Batu Batanggui Jadi Ikon Wisata di Lamandau

Ternyata, kota Nanga Bulik memiliki cagar alam batu batanggui. Letaknya yang berada di tengah kota, menjadikan cagar alam batu batanggui menjadi ikon wisata di Lamandau dan layak untuk dikunjungi.


Cagar Alam batu batanggui ini menyimpan sejarah dan terus dilestarikan oleh pemerintah daerah setempat.

Letak

Cagar Alam Batu Batanggui terletak di Jalan Batanggui, Kota Nanga Bulik, Lamandau. Tak sulit untuk menemukan dan menjangkau lokasi wisata ini. Tak jauh dari kantor kecamatan Bulik. Sehingga, akan mudah untuk dikenal dan dikunjungi oleh masyarakat sekitar.

Terus Dilestarikan

Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto menyatakan bahwa pembangunan Cagar Alam Batu Batanggui merupakan salah satu upaya menjaga dan melestarikan budaya, sekaligus menjadikan salah satu ikon di kabupaten ini.

Bahkan, pembangunan dan pemagaran cagar budaya Batu Batanggui sudah selesai, dan  tinggal pembersihan dan pembenahannya saja. Tujuanya, pelestarian cagar budaya di daerah ini supaya masyarakat tidak melupakan sejarah dan Keberadaan cagar ini juga sebagai bekal untuk pengetahuan bagi generasi penerus di masa yang akan datang.

Sebab, ada asal usul sejarahnya. Dengan diabadikan cagar alam batu batanggui ini bisa memberikan edukasi kepada keturunan tentang munculnya nama tersebut. 

Dijadikan Nama jalan dan Ikon Wisata

Jalan Batu batanggui merupakan salah satu jalan protokol di kabupaten berjuluk bumi bahaum bakuba. Nama jalan ini diambil dari penamaan cagar alam batu batanggui ini dan diabadikan menjadi nama jalan ini. Agar, generasi penerus tidak lupa akan sejarahnya sendiri.

Wakil bupati bersama unsur pimpinan forkompida Lamandau berkesempatan napak tilas dan melihat langsung cagar budaya batu batanggui ini. Pihaknya berkomitmen akan menjadikan sebagai ikon di lamandau. Terutama dalam perkembangan bidang pariwisata semua Kecamatan di Kabupaten Lamandau berjuluk Bumi Bahaum Bakuba.

Sudah didaftarkan sebagai Cagar Budaya Nasional

Cagar Alam Batu Batanggui ternyata sudah didaftarkan di situs cagarbudaya di kemendikbud: https://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/public/objek/newdetail/PO2018092700004/batu-batangguiDengan detil:

  • Tanggal Daftar : 27 September 2018
  • Kategori : Benda
  • Kabupaten/Kota : Kabupaten Lamandau
  • Provinsi : Kalimantan Tengah
  • Nama Pemilik : Kelompok masyarakat adat dayak tomun di nanga bulik
  • Nama Pengelola : Uda Idar/H. Darmawi
  • Status Objek : Dalam Proses Verifikasi Dinas Daerah

 Kendati demikian, objek ini baru saja terdaftar pada sistem dan masih dalam proses verifikasi dan kajian untuk menentukan apakah termasuk cagar budaya atau tidak.



 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code